Dianggap Singgung Wartawan, Raffi Ahmad Minta Maaf

Dinilai merendahkan martabat jurnalis, ucapan Raffi Ahmad menuai banyak kecaman. Salah satunya datang dari Poros Wartawan Jakarta (PWJ). Mereka katakan, suami Nagita Slavina itu berpotensi untuk dipidanakan. Video rekaman itu pun telah tersebar di Youtube, dengan kata kunci `Happy Show 1 November 2015.` Dalam video itu, di menit ke 04.05, Raffi mengucapkan kalimat yang melukai perasaan insan media.

Forum Wartawan Hiburan (Forwan) dan Barisan Advokat Bersatu (Baradatu) melayangkan somasi kepada suami Nagita Slavina itu, terkait ucapannya program variety Happy Show beberapa waktu lalu. Mereka ingin meminta penjelasan Raffi Ahmad yang menurutnya menghina profesi wartawan. Karena jika dibiarkan ini akan terus berlanjut.

Raffi Ahmad

Sapriadi Samsudin, selaku Ketua Baradatu, menambahkan bahwa surat somasi sendiri akan dilayangkan langsung kepada Raffi Ahmad. Bahkan dia tidak segan-segan melanjutkan masalah ini ke jalur hukum apabila yang bersangkutan tidak menunjukkan itikad baik.

Diberitakan sebelumnya, dalam program Happy Show, 1 November di Trans TV, Raffi Ahmad dan Billy Syahputra melakoni sketsa drama sebagai wartawan. Dalam sebuah adegan, Raffi berkata, andaikan ia yang menjadi selebritas, ada cara jitu untuk lolos dari kejaran wartawan.

Raffi Ahmad sempat melempar guyonan menghindari kejaran awak media dengan cara menyebarkan uang receh. Dengan begitu, wartawan akan sibuk mengambil uang receh tersebut dan membiarkannya pergi berlalu.

‘Kalau wartawan lagi ngeriung (kumpul), misalnya lagi ngejar berita, giniin saja (lempar) duitnya. Wartawan kan, setiap orang kan, mata duitan, giniin saja (sebar recehan),” begitu penggalan ucapan Raffi Ahmad kepada Billy Syahputra di acara tersebut.

Mengenai ucapannya ini, Raffi Ahmad kemudian meminta maaf lewat akun twitter pribadinya (@RaffiAhmadLagi).

Kpd yg terhormat tmn” wrtawan/media,sy pribadi dr lubuk hati mminta maaf yg sebesar”nya atas kejadian 1nov di acara live trans tv happy show

Raffi mengatakan pula, ia tak bermaksud menghina wartawan. Ia mengaku, apa yang ia lontarkan dalam program televisi itu merupakan improvisasinya ketika melucu. Raffi juga mengaku, setiap sehabis membawakan suatu acara ia meminta maaf apabila ada pernyataannya yang menyinggung. Di mata pelawak senior Polo `Srimulat`, apa yang diucapkan Raffi Ahmad di acara tersebut bukanlah sebuah banyolan yang bisa disambut dengan tawa terbahak-bahak.

Polo tak habis pikir bagaimana seorang Raffi Ahmad yang punya jam terbang tinggi dalam mengisi program televisi bisa mengucapkan kalimat yang menyinggung salah satu profesi terhormat. Ia menduga, suami Nagita Slavina tak memiliki perbendaharaan kata yang cukup dalam melempar candaan dan banyolan.

Saat ini, diakui Polo ‘Srimulat’, program acara lawak di televisi sudah berbeda jauh dengan apa yang pernah ditampilkan di masa lalu. Padahal, kata dia, jadi pelawak harus cerdas karena menggunakan intuisi dan ilmu dalam melempar humor.

Dianggap Singgung Wartawan, Raffi Ahmad Minta Maaf | puji puji | 4.5
error: Content is protected !!